Resume Kuliah Tamu

nama saya Muhammad Ilham Indiano, saat ini saya sedang berkuliah di ITS jurusan Informatika Angkatan 2017. Pada tanggal 27 agustus yang lalu, saya menghadiri kuliah tamu yang berjudul Fit To The Future : A Sharing of Experience. Dengan pembicara Bapak Ahmadsyah, beliau merupakan lulusan sarjana Informatika dari ITS dan magister di UI, saat ini beliau bekerja sebagai data architect di perusahaan minyak Shell. Beliau memberi tahu kita bagaimana caranya mempersiapkan diri kita untuk masuk kedalam dunia pekerjaan, selain dengan cara berjuang dan berjuang lebih keras lagi.

Hal yang pertama harus disiapkan sebelum memasuki dunia pekerjaan adalah dengan cara mengenali diri kita sendiri, mencari jati diri kita sendiri adalah hal yang penting agar kita bisa dengan mudah untuk mengenali orang lain dan membuat relasi dengan orang lain, sehingga akan tercipta koneksi yang dapat membantu kita dalam kehidupan kita kedepannya. Beliau mengatakan memang tidak mudah untuk menemukan jati diri kita sendiri, tapi hal ini merupakan hal yang penting untuk kita miliki.

Hal yang kedua adalah kita harus memiliki interest, yaitu ketertarikan. Sebagai mahasiswa kita pasti mempunyai visi/misi kedepan, agar kita mudah untuk menggapai visi/misi tersebut kita harus memiliki ketertarikan dari visi/misi tersebut. Hal ini dilakukan agar kita tidak mudah untuk tergoda dengan hal-hal yang lain, ataupun halangan-halangan yang ada.

Hal yang ketiga adalah Vision Board. Yap sesuai dengan namanya, beliau mengatakan kita harus membuat Vision board agar kita terus termotivasi untuk menggapai visi-visi yang kita miliki
Hal yang keempat adalah menjadi Specialist atau Generalist. Generalist adalah orang yang serba bisa dan Specialist adalah orang yang menguasai satu bidang, beliau mengatakan jangan terpaku untuk menjadi Generalist atau Specialist, lebih baik kita mengkondisikan diri sendiri pada kondisi pasar, jika pasar lebih membutuhkan Generalist maka jadilah Generalist, namun jika pasar lebih membutuhkan Specialist makan jadilah Specialist.

Hal yang kelima adalah mengambil semua kesempatan yang ada, Pak Ahmad menceritakan bagaimana beliau mengambil kesempatan (opportunity) yang ada, beliau pernah ditawari pekerjaan yang menggantikan temannya yang resign, namun kembali lagi ke hal interest, jika kita memiliki ketertarikan yang jelas, maka kita akan tau kesempatan mana saja yang harus kita ambil dan yang tidak harus kita ambil.

Dan yang terakhir adalah Execution, yap kita boleh saja bermain main, tapi kita harus ingat masih banyak visi yang harus kita kejar dan kita gapai. Belajar belajar dan belajar, tingkatkan skill dengan cara belajar, dan jangan lupa untuk mengambil sertifikat untuk membuktikan bahwa diri kita layak untuk mendapatkan pekerjaan yang kita inginkan.
Hidup ini memang harus penuh dengan komitmen, ketika kalian gagal, bangkitlah, dan coba kembali. Ketika kita memiliki keinginan maka akan selalu ada jalan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas BLUEJ

Java Applet FX

Code Igniter - Tugas 2 PBKK